Kumpulan Artikel Mengenai Inisiasi Menyusu Dini

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan Inisiasi Menyusu Dini, yang dimuat di berbagai publikasi, baik yang dari media massa maupun web/blog perorangan:

Jangan Ambil Bayi dari Dada Ibu (IMD-1)
Cara paling tepat untuk menyusu dini adalah membiarkan bayi yang baru lahir mencari sendiri puting susu ibunya. Bayi diletakkan di dada ibunya, dan secara naluri dia akan merangkak untuk menyusu dari payudara ibunya.

Dada Ibu, Kasur Ternyaman Bayi (IMD-2)
Kasur empuk yang dibalut kain lembut bukanlah kasur ternyaman bagi bayi yang baru lahir. Sebab bagi bayi yang masih merah ini, kasur paling nyaman adalah dada sang ibu.

Saat-saat Bayi Merangkak ke Payudara Ibu (IMD-3 *habis*)
Setelah dilap, bayi yang masih merah dan telanjang itu lalu diletakkan di atas dada ibunya. Tanpa ada yang menuntun, bayi itu merangkak mencari puting susu ibunya sendiri. Luar biasa!

Pentingnya Inisiasi Dini
Sentuhan kasih sayang seorang ibu terhadap bayi mungilnya memiliki arti dan makna yang sangat mendalam. Dengan sentuhan kulit sambil menyusu, terjadilah kontak batin sehingga akan terasa aman dan nyaman dalam dekapan.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Si Kecil Mencari Sendiri
IKATAN IBU-ANAK, Untuk mempererat ikatan batin antara ibu-anak, sebaiknya bayi langsung diletakkan di dada ibu sebelum bayi dibersihkan. Sentuhan kulit dengan kulit mampu menghadirkan efek psikologis yang dalam di antara keduanya.

Early Latch On (ELO) atau Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Ceritanya, sekelompok scientist dari Inggris yang tergabung dalam Departement for International Development melakukan penelitian terhadap 10.946 bayi sejak 2004. Pada 30 Maret 2006, mereka menemukan bahwa bayi normal yang langsung diletakkan di dada ibunya minimal 30 menit, pada usia 20 menit dia akan merangkak sendiri ke payudara ibunya. Pada usia 50 menit, dengan susah payah merangkak, dia akan menemukan puting susu ibunya dan menyusu.

Inisiasi Jam Pertama, “Model Baru” Menyusui
Bukti ilmiah itu berasal dari penelitian baru Karen Edmond, dkk. terhadap 10.947 bayi pedesaan Ghana (Afrika). Hasil penelitian itu menunjukkan, permulaan (inisiasi) menyusui dalam jam pertama setelah lahir menurunkan 22% risiko kematian bayi-bayi usia 0-28 hari. Sebaliknya, penundaan inisiasi menyusui meningkatan risiko kematian.

Segera setelah ketemu artikel lain akan ditambahkan disini. Selamat menikmati...