3 Bayi Tewas, 6 ribu Lainnya Sakit Gara-gara Sufor

Susu formula beracun di China telah menewaskan 3 orang bayi dan lebih dari 6 ribu bayi menjadi sakit. Berdasarkan hasil penelitian, susu tersebut mengandung melamin. Melamin dalam bentuk bubuk ini memang mengandung protein tinggi, sehingga ketika susu diperiksa oleh pihak berwenang, seolah-olah mengandung kecukupan gizi yang baik. Tetapi, ketika melamin tercampur dengan zat-zat lain dalam susu formula, malah menjadi racun yang berbahaya.

Dalam konferensi pers Menteri Kesehatan China, Chen Szu menyatakan bahwa susu formula beracun telah menewaskan sedikitnya tiga orang bayi dan lebih dari 6200 bayi lainnya terpaksa dirawat di rumah sakit. Sebanyak 158 di antaranya menderita kerusakan ginjal akut.

Dari sampel 491 produk susu, 69 di antaranya mengandung zat kimia berbahaya jenis melamin. Diketahui, produk susu beracun itu berasal dari perusahaan susu Yashli, Suncare, Sanlu dan Mengnju. Dua di antara perusahaan tersebut juga mengekspor produknya ke beberapa negara seperti Bangladesh, Yaman, Burundi dan Gabon.

Pekan lalu terungkap bahwa susu formula Cina tercampur melamin, zat kimia yang dipakai di industri plastik. Zat ini bisa menyembunyikan bahwa susu diencerkan dengan air. Hasil inspeksi menunjukkan, jumlah perusahaan yang memakai melamin dalam produknya meningkat. Sementara itu, zat beracun tersebut ditemukan dalam produk 22 perusahaan Cina.

12 orang telah ditangkap pihak kepolisian setempat sehubungan dengan kasus ini.

UPDATE (22/09/08): Korban kini sudah bertambah menjadi 53.000 bayi!



Enhanced by Zemanta