Kode Etik Internasional untuk Promosi Susu Formula

flickr.com

Yang telah diterjemahkan secara bebas dari versi WHO 1981.

Kode etik ini berupaya mendukung dan melindungi kegiatan Ibu menyusui, dengan mengatur praktek penjualan produk-produk yang termasuk dalam kategori 'artificial feeding' (asupan selain ASI-pen).

Kode etik ini berlaku untuk: Susu buatan untuk bayi; Produk-produk yang digunakan untuk memberi asupan kepada bayi, terutama produk yang digunakan dengan botol susu atau untuk bayi berumur di bawah 6 bulan. Kode etik ini juga berlaku untuk produk botol susu atau dot bayi/empeng.

Berikut adalah 10 poin penting dari Kode Etik tersebut:

  1. Tidak boleh ada IKLAN dari semua produk dalam kategori di atas, yang ditujukan untuk publik.
  2. Tidak boleh ada CONTOH GRATIS untuk Ibu-ibu.
  3. Tidak boleh ada MEDIA PROMOSI (penempatan media) di lokasi fasilitas kesehatan, termasuk pembagian contoh gratis atau contoh yang dimurahkan.
  4. Tidak boleh ada PETUGAS PENJUALAN (sales representatif) dari perusahaan yang menjadi/memberi konsultansi kepada Ibu-ibu.
  5. Tidak boleh ada PEMBAGIAN contoh produk gratis kepada petugas kesehatan.
  6. Tidak boleh ada kata-kata (SLOGAN) atau GAMBAR yang menunjukkan bahwa asupan non-ASI itu lebih baik, atau gambar bayi (yang sehat) pada label kemasan produk susu.
  7. Informasi yang diberikan kepada petugas kesehatan HANYALAH yang bersifat scientific/ilmiah dan faktual.
  8. Semua informasi tentang asupan non-ASI, termasuk pada label kemasan produk, HARUS mencantumkan MANFAAT ASI, dan risiko serta BAHAYA yang berkaitan dengan penggunaan asupan non-ASI.
  9. Produk yang belum saatnya diberikan kepada bayi, seperti pemanis yang padat, TIDAK BOLEH DIPROMOSIKAN kepada bayi (orang tua-keluarga dengan bayi).
  10. Untuk menghindari benturan kepentingan, para profesional di bidang kesehatan yang bekerja untuk bayi dan anak-anak, TIDAK BOLEH MENERIMA DUKUNGAN KEUANGAN dari produsen makanan bayi/anak.

Sumber: http://www.ibfan.org/english/resource/ibfo/issue3/internationalcode.html [broken link]


Para produsen dan distributor DIWAJIBKAN mematuhi kode etik ini, meskipun pemerintah yang bersangkutan belum mengadopsi Kode Etik ini. Sebenarnya banyak dokumen lain yang berkaitan, di web IBFAN, tetapi tidak semuanya dapat diakses secara online dan gratis.

Dokumen berbahasa Inggris berupa resume tanya-jawab (FAQ) dan sudah diperbarui pada tahun 2009 dapat Anda lihat dari sini International Code of Marketing of Breast-milk Substitutes. Dokumen lain ada di sini: IBFAN Code 2008. Sedangkan dokumen lama, tertanggal tahun 1981 dari WHO dapat Anda lihat di sini: International Code of Marketing of Breast-Milk Substitutes 1981.