Masih tentang E. Sakazakii - Dampak & Gejalanya pada Anak

Masih penasaran, saya cari lagi info mengenai bakteri yang satu ini. Dalam salah satu pernyataan BPOM, yang saya temukan di blog ini, katanya E. Sakazakii mengakibatkan diare yang berbahaya. "Secara klinis cemaran Enterobacter sakazakii menimbulkan diare yang bila tidak diobati dapat menimbulkan dehidrasi yang dapat berakibat fatal," begitu kutipan dari pernyataan tersebut.

Saya coba cek di google, nemu satu slideshow dari food and drug administration - fda.gov, yang dalam salah satu slide-nya mencantumkan gejala-gejala yang muncul. Meski saya tidak paham benar bahasa yang digunakan, tapi yang saya tangkap adalah, bukan seperti diare, karena disebut sebagai bloody diarrhea. Jadi, saya harus meralat komentar saya di posting sebelumnya, bahwa kayaknya E. Sakazakii tidak mengakibatkan mencret-mencret, melainkan lebih parah, BAB dengan darah!

Sementara dari the society for food science and tchnology - ift.org, ada sebuah publikasi yang menunjukkan beberapa sumber penyakit, beserta gejala-gejala dan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri/virus tersebut. Ini salah satu tabel yang dimuat di dalamnya. Cuma penyakit semingitis dan enteritis yang dituliskan disitu sebagai akibat dari infeksi Sakazakii. Sumber kontaminasinya, memang dari Susu bubuk formula. Dapatkan filenya (.pdf) disini.


Ada yang punya data lebih akurat tentang gejala dan dampak E. Sakazakii? Share dong...